Tuesday, October 18, 2011

Pohon (part I)

Pohon. Saya sangat menyukai pohon. Banyak nilai yang bisa kita ambil dari sebuah pohon. Mungkin saja selama ini kita acuh dengan lingkungan sekitar, kita tidak menyadari setiap saat selalu berdampingan dengan si tuan pohon. Merasakan manfaat darinya. Kali ini saya tidak membahas peranan pohon di kehidupan kita secara ilmiah, saya kali ini lebih membahas “Filosofi dari pohon”.

Momen mengingat-ingat pohon, jadi teringat rumah saya di Lampung. Rumah yang jauh dari hiruk-pikuk kota besar, rumah yang dikelilingi pohon rindang, rumah yang masih menyediakan keteduhan tanpa asesoris pendingin ruangan. Ya, itulah rumahku. Rumah yang letakknya di desa, rumah di mana aku dibesarkan dan dididik kedua orang tuaku, rumahku tercinta.

Pernahkah Anda melihat pohon tumbuh di padang seorang diri tanpa pohon yang lain di sekitarnya? Dari sana kita akan mudah mengenali filosofi dari kehadiran pohon tersebut. Menjadi tempat singgah para burung-burung, menjadi tempat semut-semut hidup, menjadi pelindung pengembala dari sinar matahari di siang hari, menjadi penyangga air tanah, menjadi mesin penghasil oksigen yang kita hirup sehari-hari. Itu hanya peran yang bisa secara spontan kita nyatakan dari sebatang pohon saja.

Mungkin kali ini segitu saja dulu, karena besok saya quiz. Nantikan part lainnya ya... *O*. Semoga dengan merenung lagi kita bisa menggali nilai-nilai yang pohon ajarkan...

0 comments :

Post a Comment