Tuesday, October 1, 2013

Siap Mengabdi di Kementerian Keuangan

Selamat tanggal 1 Oktober. Ada yang tidak tahu tanggal ini diperingati sebagai hari apa? Ya betul, hari ini diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila. Sekedar mengingatkan pembaca barangkali lupa atau malah tidak tahu. Hari ini saya selain hari peringatan nasional, juga hari pertama saya di-TMT. Nah lho, apa tuh TMT? Jadi dalam istilah per-pns-an (tsaaah bahasanya) TMT adalah singkatan dari Terhitung Mulai Tanggal alias status kita mulai menjadi CPNS.

Nah barangkali penasaran ya kok saya ini muncul-muncul ngomongin PNS segala yang belakangan ini jadi kata-kata yang seriang diucapkan banyak orang. Mungkin suatu kebetulan saja, tahun di mana saya mengawali karir di Kementerian Keuangan dan tahun ini pula rekrutmen PNS besar-besaran hampir di semua kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan instansi-instansi pemerintah lainnya. Dan menurut sumber yang saya baca menyebutkan jumlah pelamar mencapai 2,5jt-an pelamar. Mungkin saja sudah bertambah. Hal ini mungkin karena efek dari diberlakukannya moratorium PNS hingga Desember 2012.


Saya sendiri termasuk orang yang beruntung. Betapa tidak, saya kuliah di salah satu perguruan tinggi kedinasan dan lulus langsung ditempatkan. Mungkin penasaran? Ya, saya adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), salah satu kampus pelat merah di bawah naungan Kementerian Keuangan. Setelah lulus dari STAN tahun 2012, terhitung 1 Oktober 2013 saya memulai rangkaian kegiatan untuk mulai bekerja di Kementerian Keuangan. Saya merasa beruntung lantaran di saat saya mulai masuk kerja dan saat itu pula jutaan pelamar CPNS berjuang memperebutkan kursi yang telah disediakan oleh instansi di mana mereka melamar, atau yang sering disebut formasi CPNS.

Saya bertugas di Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Mungkin saja ada beberapa yang belum kenal. Mari kenalan dulu. Direktorat Jenderal Perbendaharaan atau yang sering disingkat DJPB adalah satu dari sepuluh Unit Eselon 1 di lingkungan Kementerian Keuangan yang mempunyai tugas pokok dan fungsi :
1. penyiapan perumusan kebijakan Departemen Keuangan di bidang perbendaharaan negara;
2. pelaksanaan kebijakan di bidang perbendaharaan negara sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
3. penyusunan standar, norma, pedoman, kriteria, dan prosedur di bidang perbendaharaan negara;
4. pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang perbendaharaan negara;
5. pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal.

Bisa disederhanakan Direktorat Jenderal Perbendaharaan adalah sebagai Cash Manager-nya Indonesia yaitu uang yang dikelola yang tertuang di Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Tergambar bukan tugas dan peran DJPB dalam perekonomian serta keberlangsungan pemerintahaan di Indonesia? sangat penting dan strategis.

Ke depannya saya akan berkarir di sini. Tugas mulia menanti saya di depan. Saya juga mendoakan semoga para peserta tes CPNS diberi kemudahan dan kelancaran hingga kelulusan. Ingatlah, tidak ada usaha yang sia-sia dan jangan pernah mencoba jalan pintas apalagi sampai melanggar hukum. Berjuanglah dengan kemampuan pribadi. Good Luck.

0 comments :

Post a Comment