Saturday, August 24, 2013

Kehidupan Kampusku (STAN) Rame Kembali

Bagi saya tahun ini (2013) adalah suatu kebahagiaan bisa menyaksikan calon mahasiswa baru yang akan masuk ke kampusku, STAN. Tahun lalu (2012) penerimaan mahasiswa baru ditiadakan ini terkait jg moratorium pns yang efektif berlaku sampe Desember 2012. 

Betapa tidak, kehidupan di sekitar kampus juga akan bergeliat kembali. Ada banyak yang menggantungkan nafkahnya dari adanya mahasiswa STAN. Mulai dari tukang ketoprak, tukang nasi uduk, penjual air mineral, warung makan, ibu kos-kosan, sampe tukang bersih-bersih. Bisa dibayangkan jika tahun ini tidak ada penerimaan mahasiswa baru juga. Tahun lalu saja saya lihat omset mereka sudah berkurang drastis tapi untungnya tahun ini bakal menerima ribuan mahasiswa baru.

Sebagai alumnus STAN tentu mempunyai kebanggan sendiri bisa menjadi bagian dari kampus plat merah ini. Di samping jumlah peminatnya yang tiap tahun selalu mencapai puluhan ribu bahkan ratusan ribu, sistem Ujian Saringan Masuknya pun "MURNI". Tidak ada permainan KKN di sini. Jangan harap bisa seenaknya masuk walau pun Anda anak pejabat. Jadi bisa dibilang, mahasiswa STAN adalah orang-orang yang benar-benar memiliki kemampuan dan memang pantas masuk STAN. 

Banggaku sebagai alumnus jg menyaksikan tahun ini akan banyak masuk mahasiswa baru. Dari total peserta 87.000-an yang mengikuti Ujian Saringan Masuk STAN pada tahap 1 yang lulus sebanyak 7000-an. Sampai saat artikel ini saya tulis, calon mahasiswa STAN masih menghadapi tes tahap 2 yaitu tes kesehatan/kebugaran dan tes wawancara. Saya berharap semoga yang menjadi mahasiswa STAN adalah benar-benar orang pilihan.

Jika seandainya yang lulus tahap 2 (final) mencapai di atas 6000-an mahasiswa/i baru maka itu sama saja dengan jumlah 3 angkatan sewaktu saya masih kuliah. Jumlah yang terbilang banyak dan belum pernah memang sebelumnya menerima mahasiswa sebanyak itu. Tapi memang saya rasa dampak di sekitar kampus akan mendapat imbasnya. Kehidupan di sekitar kampus tentu juga akan membaik, kehidupan ekonomi masyarakat sekitar membaik.

Sampai saat ini tentu saya selalu berharap semoga mahasiswa STAN selalu memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat. Dimulai saat mereka masih kuliah dan nanti ketika telah terjun ke dunia kerja.

1 comments :

Anonymous said...

AKU PENGEN JADI MAHASISWA STAN!

Post a Comment