Saturday, August 24, 2013

Perubahan Format Dan Bentuk USM STAN Dari Waktu ke Waktu

Tidak terasa tahun telah berganti tahun, hingga saat ini di tahun 2013. Itu berarti 4 tahun yang lalu saya berjuang masuk ke kampus almamaterku, STAN. Ada banyak kisah haru dan sampai saat ini masih memberikan motivasi tersendiri ketika saya ingat perjuangan masuk kampus yang saya impikan ini. Mulai dari perjuangan memilih STAN, pesiapan ujian, hingga saat-saat menjelang ujian semester di kampus. Wah, jika diingat-ingat mungkin bisa saja saya senyum-senyum sendiri. Betapa tidak, buah dari kerja keras saya hingga menjadikan saya seperti sekarang.

Di kesempatan ini saya ingin membahas tentang perubahan format dan bentuk USM STAN dari sebelum saya ikut USM (tahun 2009) hingga saat ini (tahun 2013). Untuk memudahkan saya akan bagi per tahun dan dalam tabel;

TAHUN
BENTUK TES
FORMAT SOAL
JUMLAH
KETERANGAN
... -2008
Tertulis
-TPA
-Pengetahuan Umum
-Bahasa Indonesia
-Bahasa Inggris
-TPA : 100 soal
-PU : 20 soal
-B.Indo : 20 Soal
-B.Ingg : 40 soal
-Soal TPA dan PU digabung dalam 1 paket
-Jumlah soal PU bisa saja kurang dari 20 soal

2009-2010
Tertulis
-TPA
-Bahasa Inggris
-TPA : 120 soal
-B.Ingg : 60 soal
-Bahasa Indonesia dimasukan ke dalam TPA menjadi teks/wacana
-Pengetahuan umum ditiadakan
2011
-Tertulis
-Kesehatan/Kebugaran
-Assesment (Wawancara dan Psikotes)
Tertulis:
-TPA
-B.Ingg
Kesehatan/Kebugaran:
-mini medical check up
-Tes tensi, mata, dan organ dalam
-Lari 12 menit dan Lari shuttle run
Assesmenet:
-Wawancara/psikotes

-TPA : 120 soal
-B.Ingg : 60 soal
Tahapan tes terdiri dari Tes Tertulis, Tes Kesehatan/kebugaran, dan Tes Wawancara/Psikotes
2012
Tidak ada USM
2013
-Tertulis
-Kesehatan/kebugaran dan Tes Wawancara
Tertulis:
-TPA
-B.Ingg Kesehatan/Kebugaran dan Tes wawancara:
Lari 12 menit dan Lari shuttle run dan wawancara
-TPA : 120 soal
-B.ingg : 60 soal
Tahun 2013 berbeda dengan tahun 2011 yang ada 3 tahap tes, tahun 2013 tahap tes menjadi 2 tahap karena tes kesehatan/kebugaran dan tes wawancara menjadi 1 kali tahap tes.

Yang menjadi poin penting adalah calon mahasiswa harus lulus ujian tertulis terlebih dahulu dan ujian tertulis adalah ujian yang paling berat karena bersaing dengan puluhan hingga ratusan ribu peserta. Untuk dapat lulus tertulis, maka harus lolos nilai mati yaitu 1/3 dari jumlah soal. Misalnya di tahun 2013 jumlah soal TPA 120 soal, maka untuk dapat lolos nilai mati minimal harus benar 40 soal. Bahasa Inggris 60 soal lolos nilai mati minimal 20 soal. 

Tapi lolos nilai mati tentu bukan jaminan untuk Lulus Ujian Tertulis, karena USM STAN sistem ranking nasional. Jadi dari puluhan ribu peserta yang lolos nilai mati misalkan ada 10.000 tapi belum tentu diterima semua. Tergantung kebutuhan dan kuota. Misalnya yang diterima adalah 4000 ranking teratas. Jadi jika ingin Lulus Ujian Tertulis maka kita harus jadi yang terbaik secara nasional, semakin di atas ranking kita maka semakin aman.

Jadi adik-adik semua, jika kalian benar-benar ingin masuk ke STAN ada baiknya kalian mempersiapkan diri sedini mungkin dan sebaik mungkin mengingat saingan kalian tiap tahun mencapai puluhan ribu hingga ratusan ribu. Semoga informasi ini bisa memberikan gambaran tentang format dan bentuk tes USM STAN. Untuk tahun 2014 format dan bentuknya biasanya tidak jauh dari tahun sebelumnya.

2 comments :

Unknown said...

sistemnya kayak olimpiade ya kak,?? klo misalkan benar +4, klo salah -1 dan klo nggk di isi dpet 0??

Anonymous said...

bang.. di dalam tes wawancara itu ada psikotesnya gk? mohon di balas.. :D

Post a Comment